DPRD dan Gubernur NTB Komit Selesaikan Perubahan Nama BIL jadi BIZAM Seminggu

DPRD dan Gubernur NTB Komit Selesaikan Perubahan Nama BIL jadi BIZAM SemingguReviewed by adminon.This Is Article AboutDPRD dan Gubernur NTB Komit Selesaikan Perubahan Nama BIL jadi BIZAM SemingguMataram (DetikNTB.Com),- Rapat paripurna DPRD NTB diwarnai aksi demonstrasi dari Aliansi Bela Pahlawan dan Negara yang menuntut perubahan nama Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (Bizam). Massa yang sedari awal mengepung kantor perwakilan rakyat di jalan Udayana ini tidak berapa lama langsung ditemui Gubernur NTB, Zulkieflimansyah didampingi Wakil Ketua DPRD NTB, […]
Foto: Gubernur, Dr Zulkieflimansyah didampingi Kapolda, Tomsi Tohir bersama Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi menemui massa pro perubahan nama bandara Lombok

Mataram (DetikNTB.Com),- Rapat paripurna DPRD NTB diwarnai aksi demonstrasi dari Aliansi Bela Pahlawan dan Negara yang menuntut perubahan nama Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (Bizam).

Massa yang sedari awal mengepung kantor perwakilan rakyat di jalan Udayana ini tidak berapa lama langsung ditemui Gubernur NTB, Zulkieflimansyah didampingi Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi serta dikawal oleh Kapolda NTB, Kombes (Pol) Tomsi Tohir naik di atas podium komando aksi.

Di kesempatan itu, Gubernur menerangkan, bahwa sebenarnya dari dulu pergantian nama bandara tidak ada masalah dalam pergantian nama tetsebut.

“Dari dulu sampai hari ini, keputusan sepakat pemerintah pusat sudah berubah menjadi Bandara Internasional ZAM seperti yang kita do’a kan selama ini,” ungkap Bang Zul panggilannya di hadapan massa aksi, Jumat (24/1) siang.

Pihaknya menepis isu tak sedap yang menyerang pemerintah karena menunda-nunda pergantian nama BIL ke BIZAM itu sesuai dengan SK Menhub 1424 tahun 2018.

“Jadi tidak benar kalau ada di medsos ada yang ditunda ini itunya. Kita hidup di zaman berbeda, karena apa yang terjadi di daerah juga diketahui oleh pusat,” katanya.

Mengingat masih ada hal yang belum utuh sambung Gubernur, maka DPRD harus memberikan persetujuan. Kendati demikian, Bang Zul meminta kepada masyarakat tetap tenang dalam persoalan ini.

“Bapak-Ibu tidak perlu khawatir. Mudah-mudahan persetujuan (DPRD NTB) eksekusi bisa dilakukan segera, yaitu dalam waktu yang sesingkat-singkatnya,” kata Bang Zul.

“Kalau memang dibutuhkan tanda tangan, kita tanda tangan saja. Ada salam dari ibu wagub, beliau mengatakan bahwa tidak benar Gubernur dan Wakil Gubernur tidak mau mengeksekusi,” demikian Gubernur NTB sembari menandatangani lembaran kertas yang disediakan massa aksi.

Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi. Pihaknya bersyukur karena surat dari Gubernur yang dilayangkan kepada DPR DPRD sudah dibacakan dalam rapat paripurna hari ini.

“Seperti yang didengarkan tadi, syukur Alhamdulillah DPR telah membacakan surat permohonan dari bapak Gubernur. Ini adalah langkah maju agar DPR segera mengambil keputusan untuk perubahan nama bandara,” jelasnya.

Dirinya mewakil lembaga perwakilan rakyat berkomitmen akan menyelesaikan perubahan nama bandara tersebut dalam waktu satu Minggu.

“Kami DPR sudah berkomitmen akan memprioritaskan perubahan nama bandara ini dalam agenda DPR satu Minggu ke depan,” janjinya di hadapan massa aksi. (Iba)