Dirlantas Polda NTB Himbau Warga Tertib Berlalu Lintas

Dirlantas Polda NTB Himbau Warga Tertib Berlalu LintasReviewed by adminon.This Is Article AboutDirlantas Polda NTB Himbau Warga Tertib Berlalu LintasMataram,- Minimnya kesadaran masyarakat pengguna jalan di NTB menjadi perhatian Ditlantas Polda NTB, Ditlantas Polda NTB menghimbau warga masyarakat pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat untuk selalu tertib berlalu lintas khususnya di bulan ramadhan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Arman Achdiat, SIK., M.Si saat Focus Group Discusion […]
Foto : Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Arman Achdiat, SIK., M.Si bersama 3 narasumber di acara FGD di Roemah Langko, Rabu (23/05).

Mataram,- Minimnya kesadaran masyarakat pengguna jalan di NTB menjadi perhatian Ditlantas Polda NTB, Ditlantas Polda NTB menghimbau warga masyarakat pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat untuk selalu tertib berlalu lintas khususnya di bulan ramadhan.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Arman Achdiat, SIK., M.Si saat Focus Group Discusion (FGD) di Roemah Langko Kota Mataram, Rabu (23/05) sore yang moderatornya dipimpin oleh Zulkifli, SE.,MM.

Dikatakannya, bahwa budaya masyarakat itu bermacam jenis, ada masyarakat patuh dan ada masyarakat yang sengaja melakukan pelanggaran dan kerena kebiasaan yang melakukan pelanggaran.

“Makanya saya katakan, budaya manusia itu ada patuh dan tidak patuh”, terangnya saat memberikan narasumber di FGD bertajuk Potret Keselamatan Berlalu Lintas Selama Ramadhan di NTB, Rabu (23/05) sore di Roemah Langko Kota Mataram.

Acara yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama ini, Achdiat juga menyampaikan bahwa pemakai roda dua di NTB ini sebanyak 80 persen dan hampir 40 persen yang terlibat kecelakaan adalah roda dua serta rata-umur yang terlibat dalam kecelakaan tersebut adalah antara 18-30 tahun.

Oleh karen itu tambahnya, Ia tidak akan segan-segan untuk selalu memberikan himbauan, saran, masukan kepada masyarakat untuk mengurangi tindak fatalitas korban.

“Akan selalu memberikan himbauan, baik secara media sosial, himbauan manual, himbauan langsung kepada masyarakat untuk mengurangi kerugian buat kita semua”, terangnya.

Sementara pengamat lalu lintas Dr. H. Sudiarto SH., MH mengajak masyarakat untuk taat pada aturan hukum berlalu lintas, sebab katanya masih banyak yang belum paham soal tertib berlalu lintas, artinya budaya hukum belum dilaksanakan dengan baik dan untuk melaksanakannya harus ada kesadaran dari diri sendiri dulu.

“Kenapa di singapura itu bisa begitu taat akan hukum karena penegakanya hukum itu ditegakkan sebenar-benarnya”, ucapnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Sementara ketua Organda Antonius Zalemba agar mengkuti aturan beralalu lintas yang sudah ada.

Sementara perwakilan FLLAJ H. Muharar Ikbal Mengajak semua pihak untuk taat aturan, tertib berlalu lintas serta menjadikan momentum ramadhan ini untuk sadar berlalu lintas serta membantu pihak kepolisian sepenuh hati dan tenaga.

(IBA)