Inspiratif, Kementrian Kominfo Sosialiasi Pembangunan Melalui Pertunjukan Rakyat

Inspiratif, Kementrian Kominfo Sosialiasi Pembangunan Melalui Pertunjukan Rakyat
Foto: H. Muhammad Syafrudin, ST. MM berkemeja putih Saat memberikan pidato pada Kegiatan Pertunjukan Rakyat Kementrian Kominfo Sosialiasi Pembangunan

DOMPU- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI mengelar Pertunjukan Rakyat (Petunra) di lapangan bola Kelurahan karijawa Kabupaten Dompu, jum’at 24/8 lalu, guna melakukan sosialisasi pembangunan.

Turut dalam kegiatan yang bertemakan “revitalisasi kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara” ini Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu, Ir Fachrudin A Wahab M.Si Mewakili Bupati Dompu, Drs H. Bambang M. Yasin yang berhalangan hadir. Sedangkan dari Kemkominfo diwakili oleh Kasubdit Informasi Politik dan Pemerintahan, Hypolitus Layanan S.Sos MAP. Anggota Komisi I DPR-RI, Muhammad Syafrudin ST. MM. yang merupakan politisi Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam kesempatan itu, di hadapan masyrakat Dompu, Hypolitus Layanan menjelaskan bahwa saat ini pemerintah pusat melalui Kemkominfo sedang menggalakan pembangunan komunikasi dan informatika yang berkualitas dan merata, sehingga bisa terjangkau sampai ke pelosok. Ia juga mengimbau agar masyarakat Dompu tetap menjaga semangat kebangsaan dan bernegara dengan cara lebih selektif menerima informasi yang tersebar melalui media massa maupun media sosial. “Saya berharap persatuan dan kesatuan NKRI tetap terjaga” katanya.

Baca Juga : Mengukuhkan Kembali Spirit Kebangsaan, Kominfo Dan DPR RI Gelar Dialog

Dengan kegiatan pertunjukan rakyat, Ia meyakini sosialisasi pembangunan akan lebih efektif dengan melalui jalur informal yang dijalin oleh para pegiat seni tradisional. Harapannya, masyarakat tidak selalu mengandalkan pemerintah yang bertindak sebagai pemegang kebijakan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari itu menampilkan beberapa seni dan kebudayaan dompu masa lampau, seperti tarian sarau, tarian gantau, biola dan tidak ketinggalan seni musik marawis yang bernuansakan islam. Pertunjukan rakyat “Dompu Mantoi” berjalan lancar dan berhasil menyedot minat ribuan penonton. Salah satu dari pengunjung merasa terhibur dengan adanya kegiatan semacam ini. (Adm)