Festival Seni Budaya Mbojo 2018 IMKOBI Mataram Akan Ditutup Nanti Malam

Festival Seni Budaya Mbojo 2018 IMKOBI Mataram Akan Ditutup Nanti Malam
Foto: Rimpu mbojo sebagai penutup aurat bagi perempuan Bima Dompu

Mataram,- Pagelaran Seni Budaya Mbojo 2018 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Kota Bima (IMKOBI) Mataram dimulai pada 19-28 November 2018 akan ditutup resmi oleh Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah nanti malam.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Penyelenggara kegiatan Muhammad Ahyan Syarif di tempat acara Lapangan Parkir Museum Negeri NTB, Rabu (28/11) siang.

Dikatakan Ahyan, bahwa acara yang digelar satu minggu tersebut menampilkan berbagai macam mata lomba yakni Tari Daerah Mbojo, Drama Mbojo, Kapatu, Akustik dan Rimpu Mbojo dengan total hadiah yang akan diperebutkan puluhan juta rupiah.

“Semua itu adalah tradisi dan budaya yang ada di suku Mbojo (Bima, Kota Bima dan Dompu) yang bertujuan untuk melestarikan serta mengembalikan Budaya Mbojo yang semakin punah,” terang mahasiswa STIE AMM Mataram ini.

Baca juga: 

Ribuan Peserta Rimpu Mbojo Penuhi Taman Budaya NTB

Hadiri Pertunjukan Budaya Mbojo, Ali Ahmad Siap Sponsori Festival Pergelaran Seni Budaya Mbojo

Festival Budaya Digelar, Konflik Sesama Mbojo di Mataram Punah

Menurutnya, kegiatan yang bertajuk “Melalui Budaya Mbojo Kita Eratkan Silaturrahim Guna Mencegah Akulturasi Budaya Asing” ini akan dihadiri oleh Pengurus Badan Musyawarah Bima Dompu (Bamus Bidom) Pulau Lombok, Pengurus Rukun Keluarga Bima (RKB) dan Dompu, Walikota Bima, Bupati Bima, Gubernur serta tokoh-tokoh Bima-Dompu di Mataram.

Sementara Ketua Umum IMKOBI Mataram Muhammad Afiq Ulumuddin berharap kegiatan ini semakin mempererat silaturrahim mahasiswa dan masyarakat Bima Dompu yang ada di Pulau Lombok di tengah ketidak-kenalan sesama masyarakat dan mahasiswa Bima Dompu di Pulau Lombok.

“Kapan lagi ada acara semacam ini, Ini adalah kegiatan sekali setahun maka mari kita meriahkan nanti malam,” harapnya. (Iba)