Tingkatkan Kompetensi, Wartawan di NTB Ikut Pelatihan PWI Pusat

Tingkatkan Kompetensi, Wartawan di NTB Ikut Pelatihan PWI PusatReviewed by adminon.This Is Article AboutTingkatkan Kompetensi, Wartawan di NTB Ikut Pelatihan PWI PusatMataram,- Minimnya kemampuan para wartawan dalam berbahasa Inggris, PWI Pusat dan PWI NTB bekerjasama dengan PT Jasa Raharja, mengadakan pelatihan Vokasi Menulis Berita Dalam Bahasa Inggris Bagi Wartawan, yang berlangsung di Hotel Lombok Raya, (15/3). Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas dan kompetensi wartawan terutama kemampuan dalam berbahasa Inggris. Sehingga ketika berinteraksi atau mengikuti kegiatan tertentu […]
Foto : Para Pengurua PWI Pusat dan daerah, Direktur Utama PT Jasa Raharja dan Asisten III Provinsi NTB

Mataram,- Minimnya kemampuan para wartawan dalam berbahasa Inggris, PWI Pusat dan PWI NTB bekerjasama dengan PT Jasa Raharja, mengadakan pelatihan Vokasi Menulis Berita Dalam Bahasa Inggris Bagi Wartawan, yang berlangsung di Hotel Lombok Raya, (15/3).

Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas dan kompetensi wartawan terutama kemampuan dalam berbahasa Inggris. Sehingga ketika berinteraksi atau mengikuti kegiatan tertentu yang mengharuskan untuk berbahasa Inggris bisa diaplikasikan.

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda NTB, Imhal dalam sambutannya sekaligus membuka acara, mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PWI Pusat bekerjasama dengan PT Jasa Raharja ini, karena selain penting dalam meningkatkan kemampuan para pewarta dalam membuat berita yang Edukatif dalam Bahasa Inggris.

“Ini sangat penting sebagai dasar dalam meningkatkan kemampuan dalam menyajikan informasi yang edukatif”, tuturnya seperti dilansir dari mediaindonesia.co.id

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Raharja yang diwakili Kepala Divisi Keuangan Tri Yugara menyampaikan, Kegiatan ini menjadi wadah positif, terutama bagi Media Online meningkatkan kapasitas serta memperkaya wawasan dan kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Sedangkan Plt Ketua PWI Pusat Sasongko Tedjo, mengapresiasi Jasa Raharja yang mau memfasilitasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Dia mengatakan, keberadaan wartawan harus dirasakan oleh masyarakat.

“Kami mengadakan vokasi untuk meningkatkan kapasitas wartawan dalam menulis berita,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, diharapkannya memberikan pengetahuan kepada jurnalis tentang cara membuat berita berbahasa Inggris yang baik, dan isinya mudah dimengerti pembaca. Kiat menulis berita serta konten berita yang dibutuhkan pembaca berbahasa Inggris.

Pada hari pertama pelaksanaannya. Pelatihan Vokasi ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten dan telah lama berkecimpung dalam bidang Jurnalistik diantaranya Manager Berita Bahasa Inggris LKBN Antara Rahmad Nasution dan Kepala Divisi Pemberitaan Internasional LKBN Antara Bambang Purwanto, dan akan berlangsung selama dua hari ini mulai 15-16 Maret.

Kegiatan ini dihadiri Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda NTB, Imhal, Plt Ketua Umum PWI Pusat Sasongko Tedjo, Direktur Utama PT Jasa Raharja yang diwakili Kepala Divisi Keuangan PT Jasa Raharja Tri Yugara dan puluhan peserta dari wartawan media cetak, elektronik dan media online termasuk salah satu kru detikntb.com serta Humas dan tim media Kominfotik NTB.

Hari kedua, Jumat (16/03) pagi dilanjutkan dengan pelatihan foto jurnalistik dan tips menjadi wartawan di luar negeri, materi tersebut disampaikan oleh Fotografer Reuters Enny Nuraheny. Acara tersebut akan ditutup oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja siang ini.

(IBA/LH)