Tingkatkan Kompetensi, Sejumlah Organisasi Pariwisata Gelar UJK

Tingkatkan Kompetensi, Sejumlah Organisasi Pariwisata Gelar UJK
Foto: Peserta UJK wilayah Kuta Lombok Tengah beserta Asesor

Lombok Tengah (DetikNTB.com),- Sekitar dua ratus pekerja di sektor pariwisata mengikuti uji kompetensi tekhnik di bidang restoran dan hotel yang digelar Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Bina Kompetensi(PBK), Rabu (24/04) di Pipe Dream Villas Resort di Kawasan Kuta Mandalika Lombok Tengah.

Di acara sesi terakhir sebagai penutupan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, H. Lalu Putria, Ketua LSP PBK, Ni Made Orti, Ketua IHGMA, Ernanda Agung dan sejumlah organisais profesi pariwisata.

Sebelumnya, uji komptensi juga digelar di kawasan Senggigi Lombok Barat, Gili Trawangan dan Kota Mataram.

“Total yang ikut Uji Kompetensi ini sejumlah 800 orang. Untuk yang di Lombok Tengah ada 200 orang dan ini sesi terakhir,” ucap Ernanda.

Ernanda menambahkan, UJK tersebut katanya sangat penting dalam rangka menunjukkan kapasitas kepariwisataan di Lombok, juga sebagai bentuk kesiapan tuan rumah MotoGP 2021 di Lombok.

Ketua LSP PBK, Ni Made Orti, menerangkan bahwa UJK tersebut bermanfaat bukan hanya utkun perusahaan tapi juga untuk personal asesinya sendri sebagai pengakuan bahwa pekerjaannya selama ini sudah diakui dengan status kompeten.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, H. Lalu Putria, mengapresiasi dan menyambut baik UJK yang dilaksanakan sejumlah organisasi pariwisata ini.

“UJK dan sertifikasi ini sebagai bagian dari amenitas dan pelayanan di dalamnya ini harus kita lakukan,” ucapnya. (Iba)