Kepala Bappeda NTB Hadiri Musrenbang Kabupaten Bima

Kepala Bappeda NTB Hadiri Musrenbang Kabupaten BimaReviewed by adminon.This Is Article AboutKepala Bappeda NTB Hadiri Musrenbang Kabupaten BimaBima (DetikNTB.com),- Pemkab Bima melalui Bappeda Litbang menggelar kegiatan Musrenbang yang dipusatkan di aula kampus Vokasi Unram Bima, Senin (28/3). Bupati Bima menegaskan bahwa kegiatan Musrenbang ini merupakan agenda rutin tahunan, namun diharapkan perhatian dan kesungguhan semua pihak untuk menyadari akan pentingnya tahapan Musrenbang ini dalam sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Kabupaten secara keseluruhan. “Terlebih […]
Foto: Kepala Bappeda NTB Ridwan Syah saat memberi sambutan pada Musrembang Kabupaten Bima

Bima (DetikNTB.com),- Pemkab Bima melalui Bappeda Litbang menggelar kegiatan Musrenbang yang dipusatkan di aula kampus Vokasi Unram Bima, Senin (28/3).

Bupati Bima menegaskan bahwa kegiatan Musrenbang ini merupakan agenda rutin tahunan, namun diharapkan perhatian dan kesungguhan semua pihak untuk menyadari akan pentingnya tahapan Musrenbang ini dalam sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Kabupaten secara keseluruhan.

“Terlebih lagi Musrenbang yang dilaksanakan merupakan proses penyusunan berbagai program dan kegiatan sebagai titik awal penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang tentunya mengacu pada RPJMD Kabupaten Bima Tahun 2016-2021 sebagai Kristalisasi dari Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2016-2021,” kata bupati.

Seperti diketahui, dalam RKPD tahun 2018  pemerintah Kabupaten Bima merupakan Kabupaten terbaik 1 (pertama) provinsi NTB dalam rangka menyusun sebuah perncanaan yang matang.  Selanjutnya dalam rangka mewujudkan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Bima yaitu Bima RAMAH yang merupakan cita-cita bersama.

Untuk itu, sambungnya perlu dukungan dan upaya bersama guna mendukung  setiap kebijakan maupun program Bupati dan Wakil Bupati Bima dalam memajukan daerah kita tercinta ini. Begitupula terkait dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten Bima meningkat dari CC ke B.

Pada tahun sebelumnya SAKIP Pemkab Bima memperoleh nilai 58.13 dan pada penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) kepada Kepala Bappeda Provinsi NTB, Musrenbang inii dalam rangka sinkronisasi Program Pemeritah Pusat, Provinsi dan Daerah.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Ir. Ridwansyah, M.Sc,MM. M.TP, setelah menjelaskan hal-hal teknis yang berkaitan dengan Musrenbang, kemudian menyinggung komitmen Gubernur NTB DR. Zulkiflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, yang sedang menyusun perencanaan terkait dengan perbaikan sarana dan prasarana jalan provinsi yang ada di wilayah NTB dan pulau Sumbawa sekitaranya.

“Dengan adanya perencanaan tersebut kedepannya jalan provinsi yang ada di wilayah pulau Sumbawa dan sekitarnya termasuk di Kabupaten Bima akan bisa terselesaikan. Dengan adanya pengerjaan sarana jalan tersebut maka sudah tidak ada lagi jalan Provinsi yang tidak diperbaiki dan ini semua sesuai dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB,” tegasnya.

Begitupula terkait dengan keberadaan jembatan Lewamori dan perluasan landasan pacu bandara Sultan M Salahuddin Bima, pemerintah provinsi NTB akan melanjutkan pengerjaannya. “Khusus perpanjangan runway landasan di bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima pada tahun 2019 ini pemerintah Provinsi NTB akan mengelontorkan alokasi dana sebesar Rp30 Milyar,” katanya.

Selanjutnya terkait dengan perbaikan pembangunan dermaga Sape pada tahun ini dan mendukung event LASAKOSA. Pada tahun ini juga pemerintah Provinsi NTB juga akan mengirim 1000 orang mahasiswa ke luar negeri dalam rangka melakukan magang.

“Apa yang dilakukan gubernur NTB semata-mata untuk memajukan daerah NTB yang gemilang,” pungkas Ridwansyah. (Iba)