Beri Dukungan, Dewan Lobar Segera Tetapkan Perda Kepemudaan

Beri Dukungan, Dewan Lobar Segera Tetapkan Perda KepemudaanReviewed by adminon.This Is Article AboutBeri Dukungan, Dewan Lobar Segera Tetapkan Perda KepemudaanLombok Barat,- Aktualisasi dalam menunjukan keberpihakan terhadap lingkup kepemudaan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dengan komitmennya yakni, tengah menggodok pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Kepemudaan di Lobar. Hal tersebut dilakukan dengan seabrek tahapan oleh Panitia Khusus (Pansus) bersama unsure Pimpinan dan Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Lobar. Wakil Ketua DPRD Lobar, […]
Foto: Wakil Ketua ll DPRD Lombok Barat H. Sulhan Muchlis

Lombok Barat,- Aktualisasi dalam menunjukan keberpihakan terhadap lingkup kepemudaan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dengan komitmennya yakni, tengah menggodok pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Kepemudaan di Lobar. Hal tersebut dilakukan dengan seabrek tahapan oleh Panitia Khusus (Pansus) bersama unsure Pimpinan dan Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Lobar.

Wakil Ketua DPRD Lobar, H Sulhan Mukhlis Ibrahim yang ditemui mengatakan, dalam penyusunan Perda yang dimaksud, sebelumnya Pansus sudah mendengarkan dan menyerap suara dari para pemuda dan mahasiswa yang di Lobar.

“Keberadaan Perda ini sebagai bentuk komitmen kita memberikan ruang berekspresi dan kepastian dukungan pemeritah daerah dan keberpihakan kepada pemuda,” tegasnya.

Pembahasan Raperda ini lanjut Politisi PKB ini, ditargetkan tuntas paling cepat pada bulan Maret mendatang. Atau paling telat sebelum pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) bulan April.

“Sebelum pemilu atau akhir maret kita sudah ketok Perdanya,” ungkap Sulhan.

Ditanya apa yang menjadi esensi terhadap adanya Perda tentang Kepemudaan ini? Ia menilai keberadaan Perda Kepemudaan ini, sebagai bentuk komitmen dari DPRD Lobar kepada para pemuda di Lobar. Raperda ini merupakan salah satu dari Perda Inisiatif DPRD Lobar yang akan tetapkan pada tahun ini.
Keberadaan perda ini juga untuk menjamin kehadiran Pemkab untuk mendukung pemuda dalam hal Kewirausahaan (enterprenuership). Kepemimpinan (leadership) dan Kepeloporan. Karena menurutnya Negara harus hadir dalam pemberdayaan pemuda melalui kepemimpinan,kewirausahaan, kepeloporan (intelektualitas).

“Untuk masa sidang pertama tahun 2019 DPRD Lobar menargetkan sejumlah bisa diselesaikan pembahasannya.Masa sidang pertama tahun 2019 sudah dimulai pada bulan Februari ini. Dari tahun 2018 ada masih tersisa 6 buah Raperda yang tidak bisa diselesaikan pembahasannya,” pungkasnya.

Sementara itu Plt Dispora Lobar, Ma,ad Adnan, mengaku Raperda Inisiatif ini merupakan angin segar bagi para pemuda. Sejauh ini proses Raperda ini sedang berjalan. Bahkan pihaknya bersama tim pansus Raperda itu sudah berkoordinasi ke Kemenpora beberapa waktu lalu.

“Kemudian juga sudah ada public hearing juga kepada seluruh komponen kepemudaan di se-Lobar. Terakhir kita sudah mengundang sekitar 60 pemuda untuk sosialisasi terkait program kepemudaan termasuk Raperda itu,” jelasnya.

Melalui raperda itu, ini harus mengakomodir pola penyadaran pemuda, pemberdaayan pemudaan, dan pola pengembangan kepemudaan. Dimana pola pengembangan kepemudaan itu terdiri dari kepeloporan, kepemimpinan dan kewirausahan.

“Ketiga komponen itu harus dipertajam. Termasuk bagaimana kita membentuk LPKP dan sebagainya. Pemberdayaan melalui kelembagaan harus didampingi, dinaungi, untuk berkreatif berusaha dalam membantuk LPKP (Lembaga Perwirausahaan Kelambagaan Pemuda),” pungkasnya. (W@N)